Home / Fenomena / Ideologisasi Pancasila 

Ideologisasi Pancasila 

Upaya ideologisasi Pancasila bagi anak bangsa negeri ini tidak akan pernah terselesaikan sampai kapanpun. 

Negara dengan sadar telah meninggalkan peranannya dalam kerangka penguatan ideologisasi anak negeri. Negara telah alpa dengan melakukan pembiaran terjadinya pelanggaran ideologi di negeri ini. 

Negara, lewat para pejabat-pejabatnya, bahkan telah menggadaikan tegak berdirinya ideologi bangsa dengan melakukan barter-barter materialisme dengan ideologi asing. Ideologi asing (gharib: ghuraba’) itu bisa berbasis agama, ilmu pengetahuan, filsafat dan lainnya. Siapa di balik FPI, HTI, World Bank, IMF, Fremansory, dan lainnya, yang buncahan dan manivestasi ideologinya jauh dari nilai Pancasila. 

Jawabannya pasti pejabat A, pejabat B, dan pejabat C. Setiap pergantian rezim, para agen dan penjual ideologi asing ini, selalu ambil moment untuk masuk. 

Maka jangan heran kalau simbol-simbol ideologi itu tidak bisa (di)mati(kan). Selalu ada rasionalisasi dari pejabat terkait setiap organisasi dan gerakan yang melanggar ideologi negara. 

Inilah problem kita. Jadi jangan harap pemerintah baru akan melahirkan pemerintahan sesuai khittah ideologi resmi negara Pancasila. Sebab, setiap sponsor yang beriklan, tak satupun yang ingin dagangannya gak laku, apalagi rugi.

About Mahsun Fuad

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *