Home / Kegiatan / Rijalul Ansor Ngawi Menggelar Rutinan di Zona Timur

Rijalul Ansor Ngawi Menggelar Rutinan di Zona Timur

img-20170122-wa0012Gerakan Pemuda Ansor Ngawi lewat Lembaga Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor menggelar kegiatan rutinan tiap dua bulan sekali di wilayah zona timur, kegiatan ini melibatkan anggota Ansor dari PAC GP Ansor Kecamatan Kasreman, Padas, Bringin, Karangjati, Pangkur, dan Kwadungan. Rutinan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor menjadi ajang silaturohim sesama anggota Ansor serta dengan para Masyayikh NU, dan Masyarakat di wilayah yang di tempati kegiatan tersebut.

Ketua Lembaga Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Ngawi, Khoirus Shodiq, menjelaskan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor adalah lembaga semi otonom yang dibentuk oleh Gerakan Pemuda Ansor sebagai implementasi visi revitalisasi nilai dan tradisi, dan misi internalisasi nilai Aswaja dan sifatur rasul dalam Gerakan Pemuda Ansor. Dengan demikian kegiatan ini dilaksanakan merupakan salah satu usaha, demi membentuk karakter anggota GP Ansor sebagai benteng ulama. Ia menekankan, dengan kegiatan dzikir dan sholawat diharapkan anggota GP Ansor bisa memperoleh ketentraman hati, sehingga dalam kehidupan dan berorganisasi selalu dalam keridhoan Allah SWT. Sebagaimana diterangkan dalam sebuah ayat tentang anjuran berdzikir, Alaa bidzikrillahi tathmainnul qulub “Ketahuilah dengan dzikir kepada Allah akan menentramkan hati” (QS.Ar-ro’du : 28 ), tandasnya Khoirus Shodiq.

Selain membentuk karakter, Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor bertujuan sebagai ajang pembelajaran dalam hal beragama islam ala ahli sunnah waljamaah ah-nahdiyah. Sebagaimana kita ketahui bahwa pemuda islam NU yang masuk menjadi anggota GP Ansor lewat diklat Ansor maupun Banser ini dari berbagai latar belakang yang berbeda, ada yang sudah mengusai ilmu syariat islam dan ada juga yang masih tahap belajar dan Untuk mendapatkan apapun yg kita inginkan baik ilmu urusan dunia dan akhirat mari kita fahami dan kita amalkan janji Allah SWT dalam firmanNya yang artinya “Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku” (QS. Al-Baqarah: Ayat 152). Pungkasnya Khoirus Shodiq.

Sementara, Joko Suwarno Kasatkorcab Banser XII-32 Ngawi yang hadir di acara tersebut, mengatakan adanya kegiatan ini memang sangat diperlukan, tidak hanya di wilayah Ngawi zona timur tapi di seluruh wilayah Kabupaten Ngawi. Ia berpendapat, selama ini kegiatan amaliyah-amaliyah NU memang sudah selalu dilaksanakan GP Ansor akan tapi perlu ditingkatkan lagi melalui lembaga Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor. Banser adalah kader inti GP Ansor sebagai penggerak, pengemban, pelopor dan pengaman progam-progam keagamaan dan sosial kemasyarakatan GP Ansor. Maka, sebagai anggota Banser harus ikut berperan aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor sebagai pemenuhan tugas dan tanggungjawab sebagai anggota Banser.

“Jika kegiatan semacam ini terjaga, ke depan Ansor akan menjadi organisasi kepemudaan keagamaan yang akan di cintai dan diidolakan semua pemuda yang ada di wilayah kabupaten ngawi,” ujar Joko Suwarno.

Kegiatan rutinan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor sendiri berlangsung di Masjid Al Ikhlas Desa Pucung, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi, pada hari jum’at, 20 Januari 2017. Kegiatan ini dihadiri 75 anggota GP Ansor dan Banser, jajaran pengurus PC GP Ansor Ngawi, Tokoh NU, dan masyarakat setempat.

About Joko Suwarno

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *